Keunikan Jajanan dan Kuliner Di Pasar Semarang

Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai keragaman seni budaya, kekayaan alam yang melimpah, sampai aneka makanan atau kuliner. Aneka macam kuliner tradisonal banyak terdapat di berbagai kota di negara Indonesia, contohnya Kota Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah. Di bawah ini adalah aneka jajanan khas Semarang yang perlu anda cicipi:

1. Kue Pipis Kopyor

Kue Pipis kopyor yaitu kue ringan khas Jateng dengan bahan dasar terdiri dari kelapa muda, roti tawar, serta santan. Sebetulnya ada berbagai jenis variasi kue Pipis Kopyor, yang bergantung dari daerahnya. Ada kue yang bentuknya padat, ada pula kue pipis kopyor dengan kuah santan yang menyegarkan. Isiannya bisa di masukkin apa saja sesuai keinginan yang membuat makanan ini terkenal dengan kelezatanya nanti.

2. Kue Awuk-awuk mutiara

Kue awuk-awuk ini merupakan kue perpaduan dari kelapa muda, ditambah sagu mutiara yang kemudian diolah menjadi kue yang nikmat. Rasa manisnya juga turut terasa nikmat di lidah. Yang menarik, kue ini juga mempunyai julukan yang cukup bermacam-macam di beberapa daerah meskipun sebenarnya sama, karena ada yang menyebutnya sebagai kue abuk mutiara, kemudian ada juga yang menganggapnya sebagai kue bongko mutiara dan lain-lain. Salah satu ciri khas dari kue ini adalah dibungkus dengan daun pisang dengan bentuk berbagi macam kriteria.

3. Kue Mento

Kue mento merupakan salah satu makanan khas dari Jepara. Kue ini dibungkus daun pisang, berisi dadar yang sudah diisi dengan suwiran dada ayam yang ditumis dan dicampur jamur kuping, soun serta santan. Kudapan ini dapat jadi pilihan cemilan yang gurih untuk acara arisan atau acara pesta di rumah. Kue ini biasanya dihidangkan saat pernikahan atau jika beruntung ada di pasar tradisional di daerah Semarang.

4. Kue Getuk Lindri

Getuk lindri merupakan nama kue tradisional yang sangat digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Getuk Lindri makanan yang dibuat dari bahan bahan cinta menggunakan perpaduan dengan singkong yang sudah di masak lalu dihaluskan terus dicampur dengan gula pasir serta garam. Kue yang lezat ini biasanya di berikan beserta tabutan kelapa parut yang membuatnya semakin gurih dan enak. Kue khas ini banyak ditemui di pulau Jawa, khususnya Jateng.

5. Kue Cetot

Makanan cetot ini umumnya disebut cenil oleh sebagian masyarakat jawa. Kue ini adalah kue pasar yang mempunyai tekstur yang kenyal dan mempunyai warna yang beraneka. Kue ini mempunyai bentuk yang lonjong, warna-warni dan mempunyai rasa yang gurih dan manis bila disajikan beserta parutan kelapa muda dan gula pasir. Umumnya kue ini dihidangkan bersama ketan hitam, klepon, getuk, getuk dan ditaburi gula jawa menggunakan gula pasir. Kue ini masih dapat kita temukan di pasar-pasar tradisional di daerah Semarang.

Mau tahu tentang wisata dan kuliner Semarang? Simak infonya di: http://www.javaloka.com/