Jajanan Pasar Yang Enak Dijadikan Takjil Buka Puasa

 

Saat sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan rasanya akan kurang seru jika tidak ngabuburit disore hari untuk berburu takjil untuk berbuka puasa. Banyak sekali aneka jajanan pasar yang dijual dipinggiran jalan saat sore hari tiba, meskipun terlihat sederhana tetapi jajanan pasar tidak kalah enaknya kok dengan jenis takjil lainnya.

Selain rasanya yang enak dan bisa mengganjal perut, jajanan pasar pun memiliki harga yang relatif murah. Jadi kadang kalau sedang berpuasa suka berlebihan membelinya, tapi tenang kantong akan tetap aman kok. Nah, berikut ini beberapa jajanan pasar yang enak dijadikan menu takjil buka puasa. Simak penjelasannya dibawah ini.

 

Klepon

Jajanan pasar yang satu ini memang memiliki rasa yang unik. Saat pertama anda mengigitnya, anda bisa merasakan sensasi rasa gula merah yang pecah saat didalam mulut. Berpadu dengan rasa kenyal dari kulit klepon, pokonya akan membuat ketagihan deh saat memakannya.

Kue apem

Kue kukus yang terbuat dari tepung beras ini memang banyak dicari oleh banyak orang. Karna teksturnya yang lembut dan rasanya yang tidak terlalu manis, dan sangat cocok dijadikan takjil saat berbuka puasa. Biasanya kue apem disajikan dengan alas daun pisang atau juga daun pandan, sehingga akan tetap wangi.

Bika ambon

Bika ambon termasuk salah satu menu favorite bagi masyarakat Indonesia. Tekstur dari bika ambon sendiri agak kasar dengan pori-pori yang besar, sekilas teksturnya hampir mirip dengan martabak manis.

Gemblong ketan hitam

Gemblong merupakan makanan yang terbuat dari ketan yang diulen bersamaan dengan kelapa parut, santan, dan garam yang kemudian dibentuk menjadi lonjong lalu digoreng. Satu hal yang unik dari gemblong ini ialah, setelah digoreng lalu gemblong dicelupkan kedalam larutan hasil dari pemasakan gula pasir dan air.

Carabikang

Carabikang merupakan kue campuran dari tepung beras, terigu, santan, yang dimasak didalam cetakan khusus. Carabikang memiliki tampilan warna-warni yang merekah sehingga tampilannya terlihat sangat cantik, rasanya tidak terlalu manis dan aromanya pun wangi.

Kue lumpur

Kue basah yang sangat populer dijual saat bulan puasa bersama jajanan pasar lainnya. Warnanya yang kuning cerah akan sangat menggugah selera. Apalagi jika ditambahkan dengan kismis diatasnya, membuat kue lumpur ini sangat cocok dijadikan menu takjil buka puasa.

Lepet jagung

Lepet jagung merupakan lepet yang terbuat dari campuran jagung yang diparut, ketan tumbuk kasar, gula pasir, kelapa parut, garam, vanilli, dan santan. Kemudian dibungkus dengan kulit jagung lalu dikukus. Bungkusnya yang unik, dan rasanya yang beragam dan enak membuatnya cocok dijadikan menu takjil untuk berbuka puasa.

Nah, itudia beberapa jajanan pasar yang enak dijadikan sebagai menu takjil untuk berbuka puasa, dijamin enak deh.